7 Hal yang Membuat Gedung Apartement Layak Ditempati

7 Hal yang Membuat Gedung Apartement Layak Ditempati

Saat membeli sebuah properti khususnya gedung apartement, tentunya kamu perlu mempertimbangkan segala aspek. Tidak hanya terbatas dengan harga yang murah atau mahal saja, namun kamu harus mempertimbangkan lokasi, fasilitas, hingga keamanan dalam menentukan hunian yang layak ditempati.

Faktor-faktor ini tentunya harus diperhatikan supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Walau banyak keuntungan yang dirasakan saat tinggal di apartement, namun kamu tidak bisa lalai dalam mengecek segala aspek pentingnya. Mungkin kamu memang bisa mendapatkan lokasi yang dekat dengan tempat kerja, pemandangan yang indah, atau akses transportasi yang mudah.

Namun, kamu juga perlu mengecek beberapa pertimbangan sebelum membeli sebuah apartement.

 

MENGETAHUI KELAYAKAN GEDUNG APARTEMENT

 

1. Periksa Status Lahan

Salah satu hal utama dalam memeriksa gedung yang layak dihuni atau tidak adalah dengan mengetahui status lahannya. Apakah komersial atau residensial. Jika termasuk ke golongan komersial, maka nilai dari taksiran dan tagihan seperti listrik, air, dan kebersihan akan lebih tinggi jika statusnya residensial.

Kamu juga perlu mengetahui jenis dari sertifikat yang melekat untuk bangunan dan tanah. Berbedanya jenis sertifikat yang dimiliki ini akan memengaruhi hak milik dari unit apartemen yang akan kamu beli. Biasanya untuk apartemen maka sertifikat yang dimiliki adalah HGB atau Hak Guna Bangunan yang memiliki jangka waktu yang harus diperbaharui.

 

2. Ketahui Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

SLF atau Sertifikat Laik Fungsi adalah sebuah sertifikat mengenai kelaikan teknis dari gedung dan fungsi bangunan berdasarkan hasil pemeriksaan. Sertifikat ini tentunya dikeluarkan oleh pemerintah kota di mana gedung tersebut dibangun.

Saat akan membeli sebuah unit apartement, kamu bisa menanyakan tentang SLF ini kepada developer. Tanyakan apakah gedung ini sudah memiliki sertifikat tersebut. Ini sangat penting agar dapat menjamin gedung memang sudah layak untuk ditempati atau belum.

 

3. Fasilitas dan Fitur yang Ditawarkan

Kamu bisa menggali banyak informasi terkait fasilitas yang ada dalam apartement atau di sekitar gedung. Pastikan juga fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari. Kamu bisa mengunjungi secara langsung gedung apartement dan bertanya kepada staff pemasaran, namun kamu juga bisa langsung mengecek ke website resmi dari apartement untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

 

4. Perhatikan Usia Bangunan

Usia bangunan jadi faktor penting saat kamu akan membeli sebuah unit apartement. Apalagi jika kamu ingin membeli apartement seken. Apartement yang memiliki usia yang cukup tua biasanya akan memiliki perawatan yang lebih banyak dan nilainya cukup besar dibandingkan dengan bangunan baru.

Maka dengan alasan itulah kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli apartement yang baru atau yang sudah lama dibangun. Kamu bisa mulai dengan mengecek kondisi dari unit apartemen hingga fasilitas yang dipromosikan oleh pengembang.

 

5. Area Parkir

Kamu bisa mempertimbangkan area parkir saat melihat-lihat gedung apartement. Kebanyakan dari apartement akan memberikan satu lahan parkir yang dapat menampung satu mobil untuk satu unit. Maka jika kamu memiliki dua mobil atau lebih, kamu harus mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa lahan parkir.

Cari tahu juga apakah tempat parkir tersebut memiliki keamanan yang ketat atau tidak. Apakah petugas keamanan yang menjaga area parkir tersedia 24 jam? Sebaiknya pula, pilihlah unit parkir yang dekat dengan pintu masuk atau lift jika kamu tinggal bersama anak atau orang tua.

 

6. Asuransi

Perlu kamu ketahui kalau apartement yang kamu beli sudah diasuransikan oleh para pihak pengembang. Namun, untuk perlengkapan di dalam unit adalah tanggungjawab dari pemilik. Kamu bisa mencari asuransi apartement yang dapat melindungi keseluruhan unit dan isinya. Sehingga ketika terjadi bencana seperti kebakaran dari unit tetangga, maka kamu bisa dilindungi sepenuhnya.

 

7. Kepadatan

Disarankan untuk tidak membeli apartement dengan penghuni yang padat. Ini karena dapat menimbulkan antrian lift yang lama, sulitnya mencari lahan parkir, serta mengantri untuk keluar dan masuk apartement. Biasanya pula, hunian yang padat akan menimbulkan kebisingan yang tidak membuat nyaman.

Melihat 7 hal di atas memberi kesimpulan bahwa membeli apartement sama halnya saat membeli properti lainnya. Baik untuk ditempati sendiri atau untuk investasi, hal-hal di atas perlu kamu pertimbangkan saat mencari unit di gedung apartement.

Jika kamu tertarik untuk membeli sebuah unit di gedung apartement baru dengan fasilitas yang lengkap dan layak untuk ditempati maka Apartement Emerald Bintaro bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasinya yang strategis dengan beragam fasilitas bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari 300 jutaan!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *